Alunan Rintik

Lama ga berhadapan sama lembar polos di blog ini... Kangen juga ya. Sempet kehilangan kata-kata semenjak kehilangan semua data di laptop, jadi enggan buat megang laptop sendiri. Bahkan ini aja ngeblogging bermodalkan laptop + modem pinjeman temen, haha. Duh, duka anak kos... Seketika kudet semenjak pindah ke Bandung. Apa-apa pegangannya handphone terus, seakan-akan raganya udah di hari ini, tapi jiwanya masih di hari kemarin. Ditambah lagi di kosan ngga ada tv, makin deh pandangannya terbatas di masa lalu aja.

Tapi alhamdulillah ya, Allah 'narik' aku dari zona yang menyedot itu, meskipun mesti ngelewatin masa kehilangan dulu. Alhamdulillah juga, dosenku ngasih tau berita tentang bahan bakar minyak yang (lagi-lagi) langka dan dibatasi di beberapa SPBU. Awalnya kaget, karena katanya beberapa SPBU ditutup sementara dan antrian kendaraan yang kehabisan bahan bakar jadi panjaaaang. Akhirnya aku dapet sumber langsung tuh dari tv, berita itu sempet aku tonton sekilas pas lagi makan di kantin dan pas main ke kosan temen. Alhamdulillah jadi seengganya ngga kude-kudet amat lah, haha.

Ya ampun, aku jadi ngebayangin, kalo nanti kita terus bergantung sama bahan bakar fosil ini tanpa bikin solusi-solusi yang bermanfaat, apa jadinya dunia. Hmm...mungkin dunia bakal mempersiapkan energi dan kendaraan lain kali ya. Kalo gitu, apa jadinya Indonesia? Mau jadi konsumen terus menerus setelah kekayaannya dikeruk?

Lantas pertanyaannya apa yang bisa Indonesia lakuin buat menghadapi masalah ini ke depannya? Belum lagi persaingan AEC yang udah di depan mata.

Atau...dipersempit lagi pertanyaannya. Apa yang bisa aku lakuin ketika menghadapi masalah itu kelak?

Saking bingung mikirnya...akhirnya aku kelupaan (._.v) Akhirnya karena masih bawaan stress sebagai maba, semalem refreshing dulu nonton film sama kakak kos. Sebenernya sih aku ngikut-ngikut aja, daripada galau mulu mengendap di kamar. Si kakak nyetel film Pacific Rim. Awalnya sih biasa aja nonton film ini, tapi lama kelamaan makin bersemangat nontonnya. Sebenernya sih bersemangat karena komentar kakak-kakak yang 'berilmu' semua. Aku jadi dapet ilmu baru (alhamdulillah nonton film ngga sia-sia juga). Misal, ada adegan pas monster makan orang, tapi di endingnya orang itu bisa keluar dari perut si monster itu. Terus kata si kakak, ga masuk akal, kok bisa orang yang dimakan itu ga hancur kena asam si monster. Padahal asamnya monster ini bisa ngehancurin logam-logam dan bangunan di kota. Terus ada lagi ketika robot yang jatuh dari angkasa, mesti ngeluarin (atau ngebuang gitu entahlah lupa) bahan bakar yang ada. Awalnya aku pikir mungkin supaya ga meledak karena gesekan pas jatuh itu kan bisa menimbulkan panas yang luar biasa. Eh terus si kakak ngejelasin katanya itu untuk gaya angkatnya, buat mengurangi gesekan dan mengurangi risiko pas jatuhnya. Eh ternyata bener...

Dan pas aku coba searching tentang film itu, ternyata itu film genrenya science fiction toh, pantes canggih banget dan isinya juga ga asal.

Masih banyak lagi komentar-komentar lainnya. Bahkan terkadang juga ngomentarin film lain. (FYI aja, kakak kosku itu ada 5, masing-masing jurusan Fisika, Informatika, Geologi, dan...satu lagi lupa, dari STEI juga sih)

Ketika lagi ngobrol-ngobrol dan ngomentarin lain-lain, tiba-tiba ada kakak yang nyeletuk "BBM paling juga mau abis tuh." Terus kakak yang lain komen, katanya udah ada penelitian tentang magnet yang bisa melayang di bumi karena gayanya selalu menolak gaya gravitasi bumi. Bahkan udah ada contohnya digunain buat kereta. Kakak yang lain nyebut hal itu 'gaya nol gravitasi'. Katanya bisa jadi suatu saat kendaraan di dunia bentuknya kayak ufo yang melayang atau bisa jadi ukuran kendaraan di masa depan nanti lebih besar dari ukuran rumah karena mesinnya yang besar buat mengubah energi lain non bbm untuk menggerakkan kendaraan itu. Wih, aku makin penasaran kan, apa mungkin bisa bakal kayak gitu nanti? Aku juga penasaran apa sih sebenernya gaya nol gravitasi itu? Kira-kira bisa ngga ya digunain buat mengatasi kelangkaan bbm?

Setelah coba cari-cari, ternyata di Jepang, Perancis, Amerika, dan Jerman, udah ada kereta 'melayang' ini, namanya kereta maglev (Magnetically Levitated). Tapi ternyata penggunaan teknologi seperti ini untuk mengatasi pengaruh gesekan antara rel dengan roda kereta dan sayangnya meskipun transportasi ini bergerak cepat, dibutuhkan biaya yang sangat mahal dalam pembuatannya.
sumber: pastellunar

Dan ternyata ada kemungkinan juga kelak kendaraan kita berbentuk seperti ufo.










sumber: tidak menarik

sumber: tidak menarik

Hmm... Sekarang udah ada yang namanya mobil listrik, bahkan Indonesia udah berhasil menciptakannya. Tinggal bagaimana kita mengembangkannya dan menelaah lebih dalam lagi mengenai efesiensi dari kendaraan tersebut. Bahkan sekarang mulai muncul inovasi baru dengan adanya mobil bertenaga surya. Suatu perusahaan mobil ternama milik asing mengeluarkan jenis mobil bertenaga surya ini. Bahkan mobil tenaga surya buatan mahasiswa di salah satu PTN di Indonesia pun pernah dilombakan dalam kompetisi World Solar Challenge 2013 di Australia.
sumber: VOA Indonesia

sumber: Antara Jateng

Dengan munculnya inovasi-inovasi seperti ini, setidaknya masih menyisipkan harapan bagi anak-cucu kita kelak. Jangan kaget kalo suatu saat akan muncul kendaraan bertenaga nuklir yang ramah lingkungan (meskipun yang aku tau nuklir berisiko besar). Mungkin saat ini ilmuku belum cukup untuk memperkirakan sumber daya lainnya yang mampu digunakan dengan baik di lingkungan. Tapi semoga kelak aku dapat menyerap banyak ilmu dan mampu menjadi salah satu inovator kendaraan bertenaga non bbm. Mungkin kelak tenaga-tenaga lainlah yang menjadi sumber utama untuk menghidupkan pergerakan kendaraan dan bbm lah yang akan menjadi bahan bakar alternatif (jika bbm itu masih tersisa).

-Nna-

*NB: biasanya kalo ngeblogging dari atas ke bawah bahasanya makin baku, jadi mohon maaf yaa kalo bacanya agak 'aneh'. Biarpun sedikit tapi semoga bisa bermanfaat ^^ Oiya btw tentang judulnya mungkin emang ngga nyambung sama isinya, tapi belakangan ini Bandung sering diguyur hujan, jadi anggap aja itu air mata bumi karena badannya terus dikeroposi oleh anak-anaknya.


Sumber referensi:

Untuk sahabatku yang rela seharian nemenin nyari pinjeman laptop, haha.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Posting Komentar