Bahagia Itu (Tak) Sederhana

"Mayoritas orang yang mengagung-agungkan bahagia, nyatanya mereka yang merindukan tawa."

Terlalu melow ya kesannya? Padahal pengen ngepost yang seneng-seneng aja. Kalimat pembuka itu juga muncul tiba-tiba aja sih, kalo dipikir-pikir iya juga. Well sebenernya definisi bahagia itu sendiri juga luas, mencakup banyak hal, juga tergantung dari masing-masing individu meresapinya. Salah satunya berawal dari rasa kangen, yang bikin kamu ngerasa bahagia cuma dengan inget momen atau seseorang yang dikangenin itu. Layaknya yang pekan lalu aku rasain.

Tepat satu minggu yang lalu, akhirnya aku bisa ketemu sama tiga gadis kesayangan di Bandung. Susahnya buat kumpul lengkap berempat karena jadwal kuliah kita yang ga barengan. Ada yang libur duluan tapi masih ada yang UAS. Eh pas UAS nya udah beres, yang liburan duluan udah masuk kuliah lagi. Dari tahun lalu ngarep bisa ketemu lagi, kumpul bareng lagi berempat. Momen buat bisa ketemu satu sama lain mungkin cuma bisa setahun sekali.

Sampai akhirnya...menjelang tanggal ketemuan senengnya bukan kepalang. Sampe deg-degan malem sebelum hari H! Lebay sih, tapi beneran seneng banget setelah hampir dua tahun akhirnya bisa ngabisin banyak waktu bareng mereka. Sayangnya, tepat di hari H, aku malah drop, siang sebelum berangkat ketemuan aku mulai demam :( Gara-gara kesenengan kali ya haha. Tapi tetep maksa berangkat, mikirnya paling panas biasa, ntar juga sehat lagi. Toh ga mungkin juga aku ga jadi berangkat, jarang-jarang bisa kumpul begini. Eh di jalan malah kehujanan, alhasil makin parah demamnya.

Sesampainya di sana dan ketemu mereka, seneng pisan, dikasih surprise-surprise an segala. Bercanda-canda, rame lah ketawa-tawa terus. Tapi di satu sisi, antara lemes juga badan ngedrop. Ga enak juga sepanjang main bahkan pas keluar malem cari makan jadinya cuma diem aja, mau bilang lagi ga fit juga ga enak takut malah merusak rencana jalan-jalan. Nyesel juga sih di momen kayak begini malah sakit, padahal pengen banyak-banyak cerita sama mereka, pengen ngomong ini itu, pengen sharing ini itu. Ditanyain sama mereka pun juga ga bisa mikir apa-apa. Alhasil...cukup jadi pendengar kisah-kisah mereka dan ternyata banyak hal yang bisa menambah pelajaran juga sudut pandang. Di momen ini juga ketika aku denger cerita-cerita dari mereka, ketika itu pula aku tiba-tiba ngerasa kangen puol sama mereka. Kangen masa-masa SMA, kangen waktu bisa saling nguatin satu sama lain secara langsung. Saat itu juga, bahagia itu baru perlahan mulai terasa. Oh jadi ini rasanya bahagia, bersyukur atas hadirnya orang-orang di sekitar dan kejadian-kejadian yang hadir, yang membuat kita bisa berkembang dan sekarang ada di titik ini. Saat syukur itu muncul, justru kejadian paling sedih sekalipun bisa terkonversi jadi bahagia. Bahagia karena ternyata kita mampu melewati masa-masa itu. Bahagia ternyata kejadian itu yang mengantarkan kita menuju kedewasaan. Dan juga rindu, dengan rindu hanya sekadar bersua bisa menjadi sebab bahagia.

Sebenernya kalimat terakhir di atas adalah salah satu pelajaran yang aku ambil dari cerita salah satu di antara mereka. Menarik mengetahui bagaimana pola pikir yang lain, tau bagaimana prinsip masing-masing. Aku pribadi menjadikan hal itu sebagai alarm, sebagai 'sentilan' sendiri kalau kalau di tengah jalan ternyata aku keluar jalur.

Dan lewat momen bersama mereka juga, awalnya aku berpikir bahagia itu sederhana, cukup bertemu mereka merupakan salah satu hal sederhana yang membahagiakan. Nyatanya setelah dipikir lagi, berkumpul tak semudah itu. Perlu ada perjuangan dari masing-masing, karena tanpa kesungguhan, berjumpa belum tentu bisa terlaksana. Di lain hal tanpa adanya usaha yang lebih dari biasa, masing-masing dari kita belum tentu mampu berdiri dan meraih bahagianya masing-masing. Bahagia itu memang sederhana, tapi cara memperolehnya yang tidak sederhana.

Bekasi, 7 Februari 2016
-Nna-

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Posting Komentar