Lihat ke Belakang

Alhamdulillah dikasih umur sampai di penghujung tahun 2015. Ga kerasa ternyata udah ngelewatin 365 hari yang kalo diinget-inget lagi terasa singkat. Ternyata udah banyak hal-hal baru yang dilewatin. Ya meskipun tetep ada rasa nyesel, ternyata masih banyak waktu yang belum digunain maksimal, masih banyak ngeluh sama dunia perkuliahan. Tapi bersyukur masih banyak pula pelajaran-pelajaran yang bisa diambil selama satu tahun ke belakang ini, meskipun itu cuma pelajaran yang dilihat dari sisi jalan. Banyak arah yang udah ditunjukin hingga aku ada di posisi ini sekarang. Kalau dilihat lagi ke belakang, luar biasa ya kasih sayang Allah. Tanpa ridho-Nya, banyak hal-hal yang mungkin ga akan aku cicipin sekarang.

Jadi di postingan kali ini, aku mau sedikit cerita tentang momen dan orang-orang yang bikin aku baper meskipun meskipun baru dibayangin aja.


1. Pelantikan Pasopati

Jadi Pasopati ini adalah salah satu unit di kampus yang bergerak di bidang olahraga, lebih tepatnya olahraga panahan. Awal tertarik dan akhirnya daftar unit ini karena temen yang juga pengen masuk unit ini, katanya bisa ngelatih fokus. Di tengah-tengah latihan reguler aku sempet ngerasa ga cocok sama bidang olahraga, karena jujur dari kecil paling anti sama yang namanya olahraga. Palingan cuma seneng lari-lari doang.

Di suatu latihan reguler ketika aku tiba-tiba ngedrop dan akhirnya misahin diri buat istirahat di pinggir lapangan, di momen itu aku merasa aku sebaiknya ga lanjut lagi, olahraga bukan tempat aku. Tapi, di hari yang sama juga, aku memutuskan buat terus lanjut lagi sampai akhir. Tau kenapa? Sederhana, karena waktu nunggu di pinggir lapangan itu aku denger suara anak panah yang mendarat di bantalan. Entahlah, aku jatuh cinta sama suara itu dan karena suara itu aku mutusin buat tetap nerusin apa yang udah aku pilih sejak awal.


Sampai akhirnya ikut winter (sebutan latihan intensif) yang waktunya itu pas liburan. Ya, emang harus ngorbanin waktu liburan sih. Sesuai namanya, di masa itu istilahnya bener-bener digembleng latihan fisiknya. Latihan mental di forum juga haha. Seru kalo diinget-inget lagi. Apalagi pas pelantikan, luar biasa haha. Momennya itu, manah di alam terbuka. Ya meskipun ga literally di alam bebas sih, tapi tetep rasa-rasanya beda. Kapan lagi coba. Nah jadi foto di atas itu foto di hari pelantikan, tanggal 18 Januari, dengan total anggota 38 orang. Senangnya punya keluarga baru yeay!


Banyak yang aku pelajarin dari masa-masa ini. Salah satunya tentang tekad yang kuat. Melalui Pasopati ini seengganya aku jadi mulai bisa mencintai kegiatan fisik. Dan melalui keluarga ini juga, aku belajar tentang arti keluarga. Makasih ya gengs, maaf aku belum bisa jadi keluarga yang baik dan makasih udah mau jadi keluarga yang baik pula  :)


2. They came to Bandung!


Mereka yang kumaksud adalah temen-temen deket dari asal SMP yang sama. Semenjak SMA, ajang kumpul bareng itu mungkin cuma sekali-dua kali dalam satu tahun, apalagi pas udah kuliah begini. Berhubung jadwal libur aku ga sama kayak mereka, mau ga mau aku jadi ga bisa ikutan main sama mereka. Eh gataunya mereka ngerencanain mau main ke Bandung pas mereka libur. Pas hari H, seneng banget waktu pertama kali ketemu mereka di depan perpus pusat! Sebenernya mereka dateng di hari aku masih ada kelas sorenya, tapi aku rela diculik sama mereka huehehe.


Akhirnya aku dibawa kabur jalan-jalan ke Tahura sampai berujung ke Tebing Keraton. Sayangnya waktu itu hujan dan berkabut jadi pemandangan dari atasnya ga terlalu jelas. Dulu ga pernah kebayang bakal bisa main bareng di luar Bekasi, sampe senyum-senyum terus sepanjang jalan sama mereka. Makasih teman-teman keceku yang waktu itu hadir dan bikin aku nyanyi-nyanyi terus saking plongnya ketemu kalian :)



3. Gana Liquisatya


Gana Liquisatya sebenernya cuma nama iseng aja sih gara-gara waktu itu lagi rame-ramenya muncul nama-nama divisi OSKM 2015. Jadi inilah teman-teman seperjuangan di kampus dengan almamater SMA yang sama yang kalo diajak ketemuan susah banget. Mesti banyak wacana dulu baru bisa main bareng. Foto studio termasuk salah satu yang diwacanakan, tapi alhamdulillah terealisasikan waktu semester 2 kemaren. Mulai dari nyiapin campus day bareng. main ke Boscha, makan bareng, buka puasa bareng, sampai pulang bareng ke Bekasi juga. Meskipun kadang bete gara-gara sering di-php-in, tapi kutetap sayang mereka.


Yang dipelajarin dari mereka? Hmm, banyak sih. Belajar sabar, belajar untuk saling ngerti satu sama lain, sama belajar ngambis haha. Biasanya h-1 ujian kita ngambis bareng sampe malem. Jadi kangen kan huhu. Semoga wacana jalan-jalan kita berikutnya jadi ya, guys!



4. OSKM 2015


OSKM, yang katanya acara kaderisasi terbesar di kampus. Momen pertama dan (katanya) krusial bagi maba, yang bisa membentuk pandangan mahasiswa-mahasiswa baru tentang kampus ini dan kehidupan mahasiswa ke depannya. Acara ini cuma 3 hari, tapi masa-masa diklat selama 3 bulannya yang bikin kegiatan ini jadi mengesankan. Berawal dari diklat terpusat, dilanjut ke sekolah mentor, sampai dinikahkan sama 3 mentor-mentor lain di bawah naungan keluarga 147, dan akhirnya ketemu maba-maba yang seru di hari H.

Serulah pokoknya. Momen-momen heboh sama tetangga di batalyon 8 waktu simulasi, heboh waktu helikopter turun, rame ala-ala cabai kalo liat personil Wrong Direction, sampe momen baper waktu evaluasi. Ga ada yang terlupakan, termasuk telat 3 hari berturut-turut waktu hari H gara-gara ga kebangun sama alarm haha. Banyak cerita dan pelajaran yang bisa dibawa dari sini, mulai dari belajar gimana caranya jadi mentor dan berkomunikasi dengan baik, sampai belajar jadi heboh, ga tau malu yel-yel ala mentor. Terima kasih OSKM 2015, Lascaya Andamarsa, batalyon 8, dan keluarga 147!


5. Fluorophore

Delapan puluh orang dengan berbeda-beda karakter, dengan masing-masing kelebihan-kekurangan dan keambisannya. Mereka yang rela berjalan kalau yang lainnya ga kuat berlari. Mereka, yang ngajarin aku apa itu saling rangkul, apa itu saling bantu, apa itu saling terbuka, apa itu saling koordinasi dan apa itu saling peduli.

Masih banyak lagi yang aku pelajarin dari keluarga ini tentang suatu hubungan. Ya meskipun belum seluruhnya berjalan sempurna, tapi kita sama-sama tau kalau kita masih menjalani proses yang bisa lebih baik dari saat ini. Karena mereka, aku tau kalau aku ga berjuang sendirian. Makasih banyak Fluorophore atas pelajaran berharganya di satu semester ini, masih ada semester-semester beserta jurnal dan laprak lainnya yang menunggu.


6. Trip to Padalarang

Mereka ini temen-temen yang kutemukan di satu fakultas yang sama (kurang 2 orang lagi kalo di foto ini). Ga inget juga sih berawal dari apa, tiba-tiba jadi sering main bareng. Sekarang kita udah beda-beda jurusan, jadi jarang ketemu huhu.

Foto ini pas masa-masa nganggur sebelum libur resmi kemaren, jalan-jalan ke Stone Garden di Padalarang. Di sana ceritanya kita ngasih surprise buat kedua orang yang lagi megang roti yang ultahnya udah lewat sebenernya. Seru abis lah pokoknya sama mereka, bebas mau norak-norakan, alay-alayan, ngapain aja pokoknya. Jalan-jalan kali ini juga merupakan kali pertamanya aku naik kereta di daerah Bandung dan sekitarnya. Ngerasain gimana keretanya, pemandangannya, yang beda dari rasa-rasa naik kereta di Bekasi-Jakarta. 



7. Anggota Keluarga Baru

Alhamdulillah tahun ini dapet tambahan dua kakak ipar. Dua kakak teratas akhirnya dipertemukan dengan pasangannya masing-masing. Yeay, ku siap menerima keponakan mbak, mas! Banyak hal-hal yang bisa dipelajarin dari keluarga sendiri dan banyak hal-hal yang jadi kenangan tersendiri. Aku pribadi lebih seneng nyimpen sesuatu tentang keluarga sendiri. Intinya, makasih bapak, ibu, mas, mbak, udah menerima aku sebagai adikmu yang suka ngeyel ini. Sayang semuanya!


Banyak, masih banyak banget momen yang dialamin dan bikin baper selain 7 di atas. Masih banyak banget detik yang perlu disyukuri. Sebenernya, melihat ke belakang itu juga perlu untuk mengapresiasi setiap kemajuan yang kita lakukan supaya diri kita merasa dihargai oleh diri sendiri dan juga untuk melihat kesalahan yang harus dievaluasi. Yuk evaluasi dan apresiasi. Mudah-mudahan masih dikasih hari esok untuk membenahi diri.

Bekasi, 31 Desember 2015

-Nna-

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Posting Komentar