Sayang Engkau Tak Duduk di Sampingku, Kawan

Judul post ini mengutip dari lagu Ebiet G. Ade, yaitu Berita kepada Kawan. Kebawa suasana karena mengalami perjalanan jauh sendirian.

Perjalanan ini dimulai dari tanggal 3 Agustus 2016. Ngga ding, lebih tepatnya sejak beberapa minggu sebelum keberangkatan, dari pertama kali kepikiran pengen coba pergi jauh buat pengalaman aja. Tujuan yang pertama kali kepikiran itu Malang. Kenapa? Soalnya dulu emang sempet kepengen main ke tempatnya Amel, temen SMA yang sekarang lagi merantau di Malang.

Dimulai dari nyari temen, eh ternyata Soraya, temen SMA juga, udah ngerencanain juga buat ke Malang dan dia udah mesen tiket, berangkat tanggal 18 dan pulang tanggal 22 Agustus. Sayangnya aku tanggal 22 Agustus udah masuk kuliah, jadi mau ga mau ga bisa bareng. Akhirnya aku mutusin buat berangkat belasan dan pulang tanggal 19 atau 20 biar bisa ketemu sebentar sama Soraya di sana.

Tanggal udah diperkirakan, lanjut lagi nyari temen yang sekiranya mau dan bisa ikut ke Malang. Singkat cerita, ada 2 orang temen yang mau ikut ke Malang juga. Eh tapi ternyata mereka pada akhirnya batal ikut. Kabar buruknya lagi, tanggal 18 Agustus ternyata ada kegiatan kunjungan industri dari jurusan. Yasudahlah...akhirnya ragu mau berangkat apa ngga.

Sebenernya jadi berangkat ke sana juga merupakan suatu ketidaksadaran dalam memilih haha. Waktu itu lagi ngeliat-liat jadwal kereta, kira-kira kalo di tanggal-tanggal muda masih ada ngga tiket buat Bandung-Malang pulang-pergi. Nyari-nyari berbagai tanggal, terus ketemulah tanggal 3 Agustus dan 8 Agustus. Iseng aja pas mau booking. Setelah booking batas waktu pembayarannya itu 1 jam. Berhubung waktu itu lagi di kosan dan mager keluar, jadinya minta tolong temen yang lagi di luar buat bayarin. Menuju 1 jam batas pembayaran, sebenernya belum jelas dia bisa bantuin dulu atau ngga. Barulah pas menit-menit terakhir, ternyata dia jadi bayarin. Dan...tada! Barulah kerasa deg-deg an pas dia bilang udah dibayar. Baru kebayang parnonya naik kereta sendirian selama 16 jam! Apalagi ini pertama kalinya aku naik kereta jarak jauh. Sejauh-jauhnya naik kereta cuma Bekasi-Bogor. Kesadaran-kesadaran berikutnya muncul kemudian, salah satunya baru sadar kalo keberangkatannya itu 7 hari lagi. Gapapa lah, lebih cepat lebih baik biar ga kelamaan parno.

Satu minggu kemudian, setelah berbekal informasi hasil gugling apa-apa aja yang mesti disiapin untuk perjalanan naik kereta jarak jauh, berangkatlah ke stasiun Bandung dengan rasa dag dig dug. Panik, pikiran ke mana-mana, ga bisa tenang banget deh rasanya. Sempet mikir ga jadi berangkat aja apa ya. Tapi sayang juga tiketnya. Yaudahlah nekat aja, toh dari awal emang cuma bermodalkan nekat.


FYI, kereta Bandung-Malang cuma ada satu jenis kereta (armada? apa sih sebutannya) yaitu Malabar. Di gerbong kereta, kebetulan aku mesen tiket yang ekonomi jadi tempat duduknya berhadapan. Di depan aku, ada seorang bapak sama anaknya, laki-laki. Bapak ini keliatan rame, suka ngomong lah pokoknya. Nyapa bule-bule juga yang satu gerbong sama kita. Lucunya adalah, anak si Bapak ini ternyata satu unit sama aku tapi aku ga pernah ketemu haha. Aku sadar karena dia make kaos salah satu tim dari unit itu. Pas bapak itu ngajak ngobrol, cerita, segala macem, barulah Bapak ini bilang kalo anaknya juga kuliah di ITB, jurusan teknik elektro 2013. Maaf ya Pak pas Bapak ngomong begitu saya pura-pura kaget, soalnya saya udah keburu tau dari kaos yang dipake anak bapak ehehe.

Bapak ini dari ternyata aslinya dari Medan, lagi ke Bandung karena nengokin anaknya. Beliau tujuannya turun di Jogja dan ternyata pertama kalinya juga naik kereta. Eh ternyata si bapak dan anaknya ini salah gerbong, baru ketauan pas petugas dalam keretanya lagi ngecekin tiket kereta. Yah, jadi ga ada temen ngobrol deh, padahal Bapak ini seru banget.

Waktu itu kereta berangkat jam 16.50. Lepas magrib, sekeliling kereta mulai gelap, aku mulai pusing karena ga bisa liat apa-apa di luar, ditambah lagi waktu itu kebagian tempat duduknya yang ngebelakangin arah laju kereta. Faktor lain yang nambah fisik ga enak karena kebanyakan pikiran sebenernya, banyak parnonya jadi ga enjoy sepanjang perjalanan. Antara mau nangis karena ga tahan, bahkan sempet mikir apa ikutan turun aja ntar di Jogja. Ntar balik lagi atau bisa mampir tempat sodara. Tapi...ya kali masa tiba-tiba batalin di tengah jalan.

Dalam kondisi mual dan ingin menangis (lebay sih), aku maksain makan berapa suap, seengganya biar perut ga kosong-kosong amat. Eh tapi malah sama aja, ujung-ujungnya dimuntahin lagi. Well, di situ belajar mandiri juga sih, karena ga punya siapa-siapa mau ga mau harus nahan rasa ga enak badan dalam kondisi baru yang kurang nyaman dan harus ngurus diri sendiri.

Singkat cerita, setelah perjuangan menyamankan diri sendiri, besok paginya sekitar jam 9, sampailah kereta di stasiun akhir, yaitu di Stasiun Malang, atau sering juga disebut Stasiun Malang Kota Baru (karena ada Stasiun Malang Kota Lama di satu stasiun sebelumnya). Sesampainya di sana, antara percaya ga percaya, "ini teh urang beneran berangkat ke Malang sendirian? Jawa Timur loh ini, Jawa Timur." Well, maklum ya agak berlebihan, karena emang diri ini sejauh-jauhnya menginjakkan kaki cuma sampe Jogja. Di sana aku disambut Amel. Amel pun juga antara percaya ga percaya aku beneran jadi main ke Malang haha.

Kurang lebih 5 hari aku menetap di Malang, nginep di Amalia Guest House (baca: kosan Amel). Hari pertama sampe Malang, cuma istirahat aja seharian di kamar. Malemnya baru keluar cari makan. Besoknya, masih sama. Berhubung Amel kuliah pagi, jadi aku cuma nunggu di kamar. Padahal mah harusnya ngikut aja ya ke kampus, sembari cuci mata gitu. Baru kepikiran sekarang euy, mungkin memang tidak direstui. Malemnya kita belanja bahan-bahan makanan di Malang Town Square (Matos). Rencananya besokannya mau masak-masak, yuhuuu.

Abis belanja, kita jajan es krim di tempat yang katanya cukup ala-ala itu. Lucu sih kalo ngeliat di instagram, ada cotton candy. Sayangnya pas di sana cotton candy nya abis, hiks. Jadi cuma bisa jajan es krim wafel deh. Di tempat ini juga disediain banyak permainan, kayak UNO, congklak, monopoly, dll. Ada kejadian menarik di sini, pas es krim ini dateng kita masih main congklak sebenernya, jadi ngelanjutin main dulu. Mungkin karena kelamaan kali ya jadi agak leleh. Pas mau difoto, es krimnya malah tumbang coba, sedih :') Untungnya masih di atas piring.



Hari ketiga, kita jadi masak-masak, yeay! Kita masak ayam fillet saus telur asin dan dessertnya, cheese cake oreo versi lumer.



Hari itu juga, setelah masak kita main ke Batu Night Spectacular (BNS). Seruuuu! Apalagi pas naik sepeda udaranya. Asik sebenernya, bisa liat pemandangan kota juga. Tapi sayangnya berhubung aku takut ketinggian, jadinya kebanyakan merem dan teriak-teriak. Baru naik sepeda ginian aja udah takut, gimana diajak naik wahana yang lain coba :') Da aku mah apa atuh, di tempat wahana begitu malah ga naik apa-apa.



Besokannya kita jalan-jalan nih ke alun-alun Batu. Ngincer jajanannya sih sama bianglala. Di sana nyobain ketan legenda (emang namanya legenda) yang katanya rame banget. Terus jajan sempol, dan lain-lain. Btw, harga makanan di Malang murah-murah loh, bahkan nasi-ayam bakar aja bisa dapet di bawah 10 ribu. Hmm bisa endut nih kalo tinggal di Malang. Abis jajan-jajan cantik, kita ngantri buat naik bianglala. Suka liat bianglalanya, rame warna-warni. Di atas juga bagus, awalnya aku pikir aku bakal ketakutan lagi kayak pas naik sepeda udara, ternyata seru sih enjoy banget bahkan bisa liat pemandangan kota secara luas.



Meskipun belum berhasil jalan-jalan ke Bromo dan wisata alam lainnya, tapi pengalaman di Malang cukup berkesan, khususnya di pengalaman nekat pertama kali. Lima hari di Malang, kita quality time berdua doang, ngebolang naik angkot atau ngegojek haha, meskipun pas udah kemaleman akhirnya pulang kosan naik taksi.

Sampai di hari terakhir, tanggal 8 Agustus harus balik lagi ke Bandung. Baper-baperan deh sama Amel. Ga terasa, ternyata sebentar banget di sana. Oiya, ada yang menarik lagi pas di Stasiun Malang, di sana ketemu sama temen kampus yang ternyata juga mau ke Bandung. Dia abis naik gunung sama temen-temennya. Dari pengalaman berangkat dan pulang ketemu sama orang, ternyata dunia sempit ya.

Perjalanannya emang cukup singkat, mulai dari ga kuat di jalan, sampe subuh-subuh disuguhin sunrise di perjalanan. Ketemu banyak orang, dapet banyak cerita dan pengalaman, bahkan sampe ada yang minta tuker kontak. Dapet banyak pelajaran dari pengalaman ini. Salah satu hikmahnya, jangan berhenti berjuang di tengah jalan, lanjutin apa yang udah jadi pilihan. Seru pisan :) meskipun cuma bermodalkan nekat. Semoga lain kali dapet kesempatan buat mengunjungi kota lainnya.


PS: Thanks to Amel atas suguhan dan tumpangannya!❤


Bandung, 17 Agustus 2016
-Nna-

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Posting Komentar