Bimbel VS Otodidak

2 minggu yang lalu gue lagi seneng-senengnya nyanyi lagunya Tasya yang "Libur Telah Tiba". Bangun tidur, pas mandi, pas mau ke luar rumah, sampe mau tidur lagi otak selalu majang label "Asik Libur Panjang! Jalan-jalan!".

Dan hari ini ketika nyanyiin lagu itu lagi, gue pun baru sadar kalo ternyata waktu liburan gue tinggal 5 hari lagi! Gue juga baru sadar kalo selama 2 minggu lebih ini gue cuma jalan-jalan ke taman mimpi nan indah itu. Temen-temen gue udah pada sibuk buat persiapan menjelang tahun ajaran baru. Ada yang nyiapin buku baru, tas baru, seragam baru, sekolah baru, bahkan pacar baru. Bahkan ada yang persiapan bener-bener: ikut bimbel atau les.

Terkadang ngeliat temen-temen gue yang ikut bimbel ini dan itu ngeliatnya asik. Ga jarang muncul keinginan buat ikut bimbel juga. Tapi...setelah dipikir lagi belajar di sekolah aja masih sering ga mood + sering ngantuk gimana kalo ikut bimbel. Dan setelah ditelaah lagi ternyata biaya bimbel itu lebih muahaal daripada biaya sekolah ya. Ckckck. FYI aja nih, gue sekolah di SMA Negeri dan non RSBI. Jadi biaya sekolahnya ga melangit amat lah.

Saat lagi ngegalauin bimbel atau ngga, tiba-tiba gue jadi ngebahas mengenai hal ini dengan otak gue. Mau tau apa hasil pembahasan gue bareng si otak? Yuk, gue jabarin di bawah ini.

Pertama, gue mikir ga adil kalo ada yang ikut bimbel ada juga yang ga ikut. Gue juga ga tau kenapa gue mikir gitu. Hmm...gue ngerasa ga adil aja kalo ternyata di sekolah kita bersaing yang seharusnya dengan modal sama  ̶  yaitu ilmu yang udah dikasih oleh guru di sekolah  ̶  tapi ada yang ngambil modal di luar sekolah. Kalo diumpamakan itu kayak lomba masak yang bahannya harus pake bahan yang udah disediain panitia tapi ternyata ada peserta yang bawa bahan sendiri. Dalam pandangan gue yaa semacam itu lah.

Gambaran lainnya, nih. Misalnya ada cowok A dan cowok B. Dua-duanya sama-sama pinter, cerdas, jago pelajaran eksak tingkat badai. Tapi bedanya si A ini ikut bimbel, sedangkan si B belajar sendiri tanpa ikut bimbingan apapun atau istilahnya otodidak. Gue pribadi bakal ngerespon begini buat si A, "Pantesan pinter orang dia ikut bimbel ini itu." Sedangkan buat si B, "Idih keren banget! Belajar sendiri aja bisa sepinter itu." Jadi, lebih kagum sama yang B, kan?

Selain itu, ga semua anak bimbel dijamin pinter. Sebagai contoh, gue punya banyak temen yang ikut les atau bimbel, tapi ketika kegiatan belajar-mengajar di sekolah berlangsung mereka ga menonjol, standar-standar aja. Justru mereka malah lebih sering main dan nongkrong di berbagai tempat setelah pulang bimbel. Sedangkan ga sedikit juga temen gue yang ga ikut bimbel tapi lebih pinter daripada mereka yang ikut bimbel.

Eits, tapi bukan berarti gue merendahkan mereka yang ikut bimbel. Lagipula banyak kok jebolan bimbel yang berprestasi. Gue cuma menyarankan, kalo masih bisa belajar sendiri, untuk apa ikut bimbel? Kalo ternyata toh ga bawa kemajuan, buat apa dilanjutin? Itung-itung kan ngeringanin beban orang tua. Udah bayar bimbel mahal-mahal tapi ternyata hasilnya sama aja.

Nah, bagi yang kesusahan belajar tapi males ikut bimbel, gue punya trik nih. Belajar bareng atau berguru sama mereka yang pinter atau yang ikut bimbel. Kan lumayan dapet rahasia belajarnya. Murah meriah. Yang penting dapet ilmunya. Ya ngga ya ngga? ;;)

Dan pada buntut postingan kali ini, gue ingin menyampaikan, jangan lupa belajar yaa. Sebentar lagi liburan pengen pergi. Jangan terlena dengan gombalannya. Ayo latihan nulis lagi, pasti udah pada kagok kan nulisnya? Megang pensil aja gemeteran, kan :P Haha.

Dan...
Selamat Menyelesaikan Sisa Liburan :)


- Nna -

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Posting Komentar